• News
  • Dukung Program Kesehatan, Danramil 05/Nusawungu: Semua Elemen Harus Bersatu

Dukung Program Kesehatan, Danramil 05/Nusawungu: Semua Elemen Harus Bersatu


Cilacap - Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 05/Nusawungu Kapten Cba M. Isa Saefudin mengajak seluruh elemen di daerah harus bersatu dalam mendukung program kesehatan.

Menurut Danramil, dalam menyikapi dan merespon permasalahan kesehatan harus melibatan semua pihak, semua elemen dan unsur terkait untuk bergandengan tangan, memperbaiki sistem dan merubah pola hidup sehat di masyarakat, sehingga apa yang dicita-citakan dapat terwujud.

Hal itu yang disampaikan Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) 05/Nusawungu Kapten Cba M. Isa Saefudin saat menghadiri kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas  Nusawungu II bertempat di ruang PLKB Kecamatan Nusawungu, Kamis (17 September 2020).

Hadir dalam kegiatan Camat Nusawungu Agus Supriyono.S.Sos.M Si, Danramil 05/Nusawungu Kapten Cba M Isa Saefudin, Kapolsek Nusawungu Iptu Rahmat Jupliyanto, Kepala KUA Nusawungu, H. Ahmad Tolkhah S.Ag,Kepala UPTD Puskesmas II, dr. Gilang Adiwigya, tenaga Medis Puskesmas Nusawungu, Kepala PLKB Bpk Bambang dan para Kepala Desa sektor Selatan.

Camat Nusawungu, Agus Supriyono mengatakan, pembangunan kesehatan merupakan tanggung jawab bersama.

"Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, bukanlah tanggung jawab sepenuhnya dilimpahkan kepada instansi kesehatan saja, puskesmas atau rumah sakit, tapi tanggung jawab bersama," ungkapnya.

Secara kolektif, ujar Agus, semua elemen masarakat, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak, karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor.

Dia menyebutkan, sektor tersebut meliputi ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau lakon (manusia) tidak fit atau sehat.

Agus juga menilai, masalah kesehatan memang  begitu kompleks, baik dari sistem penerapannya maupun dari pola hidup masyarakat itu sendiri.

Namun demikian, Agus berpendapat yang harus dipahami yaitu gaya hidup masyarakat saat ini. "Unsur gaya hidup masyarakat inilah yang sangat serius disoroti," tuturnya.

Menurut Agus, program kesehatan yang profesional dan bermutu akan menjadi percuma jika tidak diimbangi respon dari masyarakat itu sendiri, untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, yaitu melalui paradigma sehat.

"Mari bersinergi bersama-sama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ajak Agus. //W1D.