• News
  • Danlanud Wiriadinata Hadiri Konferensi Pers Walikota Tasikmalaya

Danlanud Wiriadinata Hadiri Konferensi Pers Walikota Tasikmalaya


Tasikmalaya - Komandan Lanud Wiriadinata Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu, S.H., menghadiri konferensi pers yang dilakukan Walikota Tasikmalaya di halaman gedung Bale Kota, Jl. Letnan Harun No.1, Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (25 Maret 2020).

Konferensi pers ini dilakukan dalam rangka antisipasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Selain itu disampaikan juga terkait perkembangan hasil penanganan.

Selain Danlanud Wiriadinata dan Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman, turut hadir mendampingi, Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs. H. M. Yusuf, Sekda Kota Tasikmlaya selaku Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Drs. H. Ivan Dicksan Hasanudin, M. Si., Kejari Kota Tasikmalaya, Dr. Lila Agustinus, S.H., M.H., Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H. Aslim, S.H., Dandim 0612 Tasikmalaya, Letnan Kolonel Inf Imam Wicaksana, Kapolres Tasikmalaya, Kota AKBP Anom Karibianto, S.I.K., Kadiskes Kota Tasikmalaya, dr. H. Uus Supangat, dan Direktur RSU dr. Sukarjo Kota Tasikmalaya dr. H. Wasisto Hidayat., M. Kes.

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman menetapkan Kota Tasikmalaya dalam Kejadian Luar Biasa atau KLB. Hal ini ditetapkan setelah adanya warga Kota Tasikmalaya yang dinyatakan positif virus Corona atau Covid-19 berdasarkan hasil uji lab di Bandung.

Lebih lanjut, kata H. Budi, ini seusai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK0107/MenKes-104 Tahun 2020 tentang penetapan corona sebagai penyakit yang dapat menimbulkan wabah dan upaya penanggulangannya.

"Maka kami sudah sepakat, Kepala Daerah dengan Muspida dan Tim Gugus Tugas sudah menetapkan Kota Tasikmalaya dalam KLB (Kejadian Luar Biasa). Sehingga setelah KLB tidak ada siaga lagi sudah menjadi tanggap darurat," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya agar benar-benar mengikuti dan melaksanakan daripada himbauan-himbauan pemerintah baik pusat maupun daerah, termasuk surat edaran. Salah satu strategi yang paling efektif itu adalah menjaga jarak diantaranya.

"Jadi kalau bicara social distancing, menjaga jarak ini penting kita lakukan. Dimanapun hindari kerumunan-kerumunan, jaga jarak terus demi keselamatan kita semua. Ini yang paling efektif daripada bagaimana kita bisa memotong rantai penyebaran daripada virus Corona itu sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Danlanud Wiriadinata menambahkan bahwa pihaknya siap mendukung langkah-langkah pemerintah khususnya Kota Tasikmalaya dalam mengantisipasi penyerbaran wabah Covid-19 dengan mendirikan tenda di dua puskesmas sekitaran Lanud Wiriadinata, yakni Puskesmas Cibeureum Kecamatan Cibeureum dan Puskesmas Kersanegara Kecamatan Tamansari, yang bertujuan untuk memisahkan pasein suspen Covid-19 dan umum. Selain itu pihaknya juga mensiagakan 1 regu personel Lanud Wiriadinata secara bergantian.

"Saya berpesan agar personel Lanud Wiriadinata yang bertugas siaga, tetap memperhatikan kondisi diri sendiri dan ikuti arahan dari Dinas Kesehatan selama ini," tegas Danlanud Wiriadinata Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu.//yuli.