• News
  • Coba Rasain Sekarang, urus surat menyurat bagi warga Raharja jadi mudah

Coba Rasain Sekarang, urus surat menyurat bagi warga Raharja jadi mudah


Banjar - Ingin mempermudah dalam proses pelayanan masyarakat di era digital saat ini, Pemerintah Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat membuat terobosan baru dengan membuat sistim informasi desa lewat aplikasi Rasain.

Dengan dikenalkannya sistim Aplikasi Raharja Sadar Informasi (Rasain) ini, masyarakat bisa merasakan kemudahan dalam mendapatkan pelayananan dari pemerintah Desa Raharja serta dapat mewujudkan pelayanan yang lebih transparansi dan akuntabel melalui Sistim Informasi Desa (SID).

Kepada Tabloidpamor.com, Senin (17 Mei 2021), Kepala Desa Raharja, Yayat Ruhiyat mengatakan bahwa pada era digital ini, kami Pemerintah Desa Raharja ingin meningkatkan pelayanan mandiri kepada masyarakat. Hal itu bisa di akses melalui handphone ataupun PC dengan men-download aplikasi Rasain.

"Dengan aplikasi tersebut, bisa meningkatkan pelayanan serta memudahkan masyarakat dalam proses pembuatan surat menyurat dan cepat," jelasnya.

Selain itu, lanjut Yayat, aplikasi ini sangat membantu dalam percepatan pelayanan administrasi di Desa Raharja. Kita sudah ada di play store dan aplikasi tersebut dapat di download oleh masyarakat. "Sehingga ini bisa menjadi sarana informasi publik yang diketahui secara transparansi dan akuntabel baik pegawai maupun masyarakat Desa Raharja," terangnya.

Dikatakan Yayat, disini kita hanya sebagai pendukung saja untuk proses pelayanan kepada masyarakat. Seperti permohonan untuk perbaikan KK, KTP, permohonan untuk SK dan domisili.

"Untuk kepengurusan surat tanah belum bisa diakses, kendalanya mungkin kisaran harga tanah yang berbeda dan berubah di masing masing tempat," pungkasnya.//Heru.