• News
  • Cafe Dangdut New York, Memperkenalkan Indonesia Melalui Kopi dan Musik Dangdut

Cafe Dangdut New York, Memperkenalkan Indonesia Melalui Kopi dan Musik Dangdut


JAKARTA - Banyak cara untuk memperkenalkan Indonesia di luar negeri. Salah satunya adalah dengan membuka restoran atau kafe yang memiliki ciri khas Indonesia. Hal tersebut dilakukan oleh Romy Sembiring, Fitri Carlina dan Dina Fatimah. Mereka adalah founder yang mendirikan Cafe Dangdut di New York, Amerika Serikat.

Sabtu (7/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyempatkan diri datang ke Cafe Dangdut yang berlokasi di 4502 23rd St, Long Island City, New York. Sandiaga mencoba racikan salah satu jenis kopi nusantara khas Cafe Dangdut. 

“Saya bangga sekali karena produk lokal kita dapat memberikan warna bagi pecinta kopi di Amerika untuk bisa menikmati cita rasa khas kopi Indonesia. Hal ini juga dapat menjadi peluang kebangkitan ekonomi kita dengan berkolaborasi dalam menyambut tatanan ekonomi baru,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis yang diterima PAMOR.COM, Rabu (11/5/2022) di Jakarta.

Ngopi dan musik dangdut adalah dua hal yang sudah menjadi budaya di Indonesia. Semangat inilah yang ingin ditularkan para founder Cafe Dangdut kepada masyarakat internasional, terutama di jantung kota dunia, New York.

Romy Sembiring dan Dina Fatimah adalah pengusaha warga negara Indonesia yang lama menetap di New York. Sementara, Fitri Carlina rekan mereka, dikenal sebagai penyanyi dangdut dan seorang pengusaha. Mereka bertiga memiliki cita-cita yang sama, ingin memperkenalkan kopi Indonesia dan musik dangdut di Amerika. 

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi di dunia. Oleh karenanya, kopi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mendunia. 

“Kita lihat opportunity banyak sekali di Amerika dan New York juga, termasuk importir terbesar di Amerika mengenai kopi dan kita sebagai produsen terbesar di Indonesia. Mengenai kopi, saya rasa Indonesia paling besar dari macam-macamnya. Jadi saya rasa perlu representatif dari Indonesia sendiri, salah satunya kopi Cafe Dangdut ini untuk kita bisa mempromosikan kopi dari Indonesia sendiri,” jelas Romy Sembiring. 

Selain itu, sesuai namanya, Cafe Dangdut juga akan menjadi salah satu sentra pengenalan musik dan pernak-pernik dangdut di Amerika. Tujuan jangka panjang dari kehadiran Cafe Dangdut adalah memfasilitasi kehadiran potensi pelaku ekraf atau artis Indonesia untuk meniti karier di Amerika melalui New York sebagai pusat industri musik dunia.

“Ya tentu saja selain minuman dan makanan khas Indonesia, di Cafe Dangdut juga akan memutarkan lagu-lagu atau video klip, dan nantinya pertunjukan show musik dangdut,” lanjut Fitri Carlina.

Peresmian pembukaan Cafe Dangdut di Ne York dilakukan oleh Konjen RI di New York, Dr. Arifi Saiman pada Jumat (15/4/2022). Acara tersebut ikut dihadiri oleh beberapa influencer asal New York dan pimpinan diaspora Indonesia. Sebelumnya, Café Dangdut sudah soft launching di Gedung WTC Financial Center New York pada September 2021 yang lalu. 

Pemilihan lokasi Cafe Dangdut di 4502 23rd St, Long Island City, New York, juga sangat strategis karena dekat dengan stasiun kereta, sekolah dan fasilitas umum penting lainnya di kota dunia itu. 

“Pemilihan kota New York ini diharapkan nantinya pengembangan bisnis franchisenya akan jauh lebih konkret dan jauh visible dibandingkan Jakarta. Hal ini semata-mata nama New York sudah menjadi jaminan tersendiri dan merupakan pride yang dikenal di dunia,” terang Arifi Saiman.

Cafe Dangdut dangdut menyediakan racikan kopi Indonesia yang diolah sendiri, sehingga rasanya selalu fresh. Selain itu, Cafe Dangdut juga menyediakan penganan berupa snacks dan bakery yang merupakan produk bekerjasama dengan para diaspora di Amerika.
Dirancang dengan design interior bertemakan tropical, fun dan juga nyaman, Cafe Dangdut kental dengan detail Indonesia yang juga terlihat di beberapa sudutnya. Cup kopi dari Cafe Dangdut sendiri juga menarik dengan adanya gambar peta Indonesia.//ist