• News
  • Bulan Agustus, 143 Desa di Kabupaten Ciamis Siap Gelar Pemilihan Kepala Desa

Bulan Agustus, 143 Desa di Kabupaten Ciamis Siap Gelar Pemilihan Kepala Desa


Ciamis - Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2020 di wilayah Kabupaten Ciamis yang sempat di hentikan prosesnya akan dilanjutkan kembali. Penghentian proses ini lantaran merebaknya wabah virus corona di Indonesia yang menjadi bencana nasional non alam.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Ciamis menghentikan sementara proses Pilkades serentak 2020. Tercatat sebanyak 143 desa di wilayah Kabupaten Ciamis akan menyelenggarakan pesta demokrasi tingkat desa.

"Awalnya pada tanggal 12 April akan digelar Pilkades Serentak ini, namun karena ada Covid-19 jadi bergeser. Rencana tanggal 15 Agustus 2020 akan dilaksanakan pemilihan kepala desa," ujar Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ciamis, Drs. Dian Budiana, M.Si., saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10 Juli 2020).

Lebih lanjut, Dian mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala desa tahun ini akan sedikit berbeda. Dimana saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan akan sedikit berbeda. Diutamakan protokol kesehatan," katanya.

"Menjaga jarak antar panitia dan pemilih, ketika pemilih memasuki tempat pencoblosan juga. Disediakan tempat cuci tangan, dan diwajibkan menggunakan masker. Diharapkan tidak berkerumun setelah pencoblosan," lanjutnya.

Terkait anggaran, Dian menambahkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis telah di salurkan kepada tiap-tiap desa yang melaksanakan pemilihan kepala desa. "Rp.5,4 Miliar untuk seluruh desa. Dan sudah ditransfer sejak Februari. Tiap desa berbeda tergantung jumlah pemilih," tuturnya.

Sebagai informasi, untuk daftar pemilih terbanyak dari 143 desa yang hendak melaksanakan pemilihan kepala desa berada di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu dengan daftar pemilih sekitar 8.300-an. Sedangkan untuk daftar pemilih paling sedikit yakni Desa Sukaraharja dan Cikupa Kecamatan Lumbung, dengan total 808 pemilih.//yuli.