• News
  • BNNK Ciamis dan Kesbangpol Perkuat Kewaspadaan Terhadap Narkoba

BNNK Ciamis dan Kesbangpol Perkuat Kewaspadaan Terhadap Narkoba


Ciamis - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis bersama jajaran berkunjung ke Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis yang beralamat di Jl. Tentara Pelajar No.9 Ciamis, Jumat (17 Januari 2020).

Dalam kunjungannya itu, Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, S.Sos., M.Si., didampingi oleh Kasi P2M BNNK Ciamis Deny Setiawan, S.Sos.,M.M., Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis Rachman Haerudin, S.Sos., dan Kasi Pemberantasan BNNK Ciamis Kompol Ricky Lesmana, S.H., M.M.

Kunjungan tersebut merupakan ajang silahturahmi dan koordinasi dengan Kepala Kantor Kesbangpol Ciamis yang baru. Selain itu, tentunya untuk meningkatkan sinergitas dalam program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Ciamis.

"Alhamdulillah Kepala Kesbangpol sangat merespon dengan sangat positif dan memberikan spirit yang baik kepada BNN dalam rangka upaya penanggulangan narkotika secara terpadu. Hal ini disadari karena penanggulangan narkotika tidak bisa dilaksanakan oleh satu pihak saja tetapi harus melibatkan seluruh unsur terkait baik itu dari BNN, Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah, tokoh agama bahkan seluruh komponen masyarakat pada intinya," tutur Kepala BNNK Ciamis, Engkos Kosidin.

Dalam waktu dekat, kata Engkos, akan dilaksanakan konsolidasi terkait penanggulangan narkotika ke beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis, terutama di wilayah Kecamatan yang berada di perbatasan. Nanti bersama Kesbangpol akan membuat prioritas di mana yang akan lebih dahulu dilaksanakan kegiatan.

"Nantinya BNN Kesbangpol juga instansi terkait lainnya di wilayah setempat secara bersama-sama turun ke masyarakat dalam rangka mensosialisasikan dan sekaligus penggalangan kekuatan untuk menanggulangi narkotika, sehingga dapat mewujudkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba)," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Ciamis Drs. H. Dede Sukendar, M.Si., mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepala BNNK Ciamis beserta jajaran, ini merupakan hal yang positif kaitannya dengan penanggulangan peredaran narkoba di Ciamis.

"Pemerintah Daerah ingin hadir di tengah-tengah masyarakat tentunya bekerja sama dengan BNN dalam menanggulangi masalah narkoba, sebab tugas ini bukan hanya tugas BNN semata dalam menanggulangi narkoba, tetapi semua elemen masyarakat bahkan semua elemen bangsa untuk ikut terlibat. Paling tidak di Kabupaten Ciamis dengan adanya kerjasama yang baik ini bisa meminimalisir terutama terhadap pengguna narkoba yang ada di Kabupaten Ciamis terutama pengguna di kalangan Pemuda," ujarnya.

H. Dede berharap, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialisasi untuk menyampaikan informasi tentang bahaya narkoba sampai ke pelosok. Sehingga masyarakat luas mengetahui dan memahami apa dampak dari narkoba itu.

"Kami berkeinginan yang menjadi sasaran pertama yaitu sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada para ibu, karena ibu lebih dekat dengan anak, juga sebagai pondasi awal dari kegiatan bersama ini nantinya," katanya.//yuli.