• News
  • BESOK, PRESIDEN JOKOWI AKAN TILIK BANDARA JBS PURBALINGGA

BESOK, PRESIDEN JOKOWI AKAN TILIK BANDARA JBS PURBALINGGA


Purbalingga –Presiden Joko Widodo berencana akan mengunjungi Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga pada Jumat (11 Juni 2021) besok.

Terkait informasi tersebut Pemkab Purbalingga telah berkoordinasi dan melakukan persiapan-persiapan agar kegiatan kedatangan Presiden Jokowi untuk meniliki Bandara JBS Purbalingga dapat berjalan dengan lancar.

Kunjungan orang nomor satu di Indonesia  ini bertujuan bukan untuk meresmikan bandar udara  namun meninjau kesiapan  pembangunan bandara dan persiapan pengoperasian Bandar udara JB Soedirman  setelah dikomersialkan

“Info ini kami didapati dari Sekretariat Negara (Sekneg), Presiden Jokowi rencananya  akan hadir di Purbalingga bertujuan melihat secara langsung Bandar Udara JB. Soedirman dan bagaimana akselerasi setelah digunakan untuk komersil,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) yang didampingi Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Winarno, Rabu (9 Juni 2021) kemarin.

“Presiden kemungkinan akan meninjau dan melihat kondisi bandara. Karena memang pembangunan belum 100 persen selesai,” ujarnya.

Dari Istana Bogor, Presiden Jokowi akan  menuju Bandara Halim Perdana Kusuma. Selanjutnya dengan menggunakan pesawat, rombongan akan langsung menuju Purbalingga  dan akan mendarat di Bandar Udara JB.Soedirman di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Purbalingga.

“Sesuai jadwal protokol kepresidenan beliau Jokowi akan tiba di Purbalingga pukul 09.00 WIB,” terangnya.

Selanjutnya presiden akan disambut jajaran PT Angkasa Pura (AP) II termasuk Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi). Setelah kunjungannya presiden akan kembali terbang untuk melaksanakan serangkaian kunjungan di wilayah Jateng.

“Informasi yang kami peroleh presiden akan melakukan kunjungan ke Semarang,” katanya lagi.

Perlu diketahui Bandara Soedirman sudah mulai beroperasi untuk penerbangan komersial mulai Rabu (3 Juni 2021) lalu. Saat itu sebelumnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Tiwi hadir dengan sejumlah pejabat teras lainnya untuk menandai dimulainya penerbangan komersial perdana, Kamis (3 Juni 2021). Bandara tersebut mulai dibuka untuk penerbangan komersial.

Melalui maskapai penerbangan Citilink Bandar Udara yang baru seumur jagung itu melayani penerbangan, Purbalingga-Jakarta (PP) dan Purbalingga-Surabaya (PP), dengan Jadwal penerbangan dua kali seminggu, masing-masing hari Kamis dan Sabtu.

Sementara itu beberapa tahun yang lalu Presiden Jokowi pernah membahas terkait proyek pembangunan Bandara JBS Purbalingga yang rencanannya pembangunan dilakukan dua tahap, tahap pertama pembangunan runway 1.600 meter dan tahap keduanya akan  dilakukan pengembangan pembangunan runway panjangnya akan menjadi 2.500 meter.

“Pembangunan bandara akan  dilakukan dua tahap, tahap pertama pembangunan runway 1.600 meter dan tahap keduanya akan  dilakukan pengembangan pembangunan runway panjangnya akan menjadi 2.500 meter selain itu pembangunan terminal penumpang juga akan dimulai dengan luas 3.000 meter persegi,” kata Presiden Jokowi ketika meresmikan pembangunan konstruksi Bandara Soedirman, Senin, (23 April 2018) beberapa tahun silam.

“Semuanya bisa memanfaatkan airport ini, dan itu kita harapkan Purbalingga akan lebih maju dua atau tiga langkah dari kabupaten sekitar baik di sektor ekonomi, pariwisata dan sebagainya, dengan bermodalkan industri yang sudah ada serta dengan di dukung infrastruktur yang telah memadai kedepannya purbalingga akan lebih maju beberapa langkah.

Di Purbalingga dan sekitarnya sekarang ini sudah tumbuh investasi, yang semuanya hampir orientasi ekspor. Seperti industri bulu mata terbesar karena memperkerjakan 60 ribu tenaga kerja. Kalau bandara ada diharapkan investasi-investasi itu akan membesar dan terus ber-ekspansi.

“Kita harapkan bukan hanya bulu mata saja, investasi-investasi di bidang lainnya bisa dikembangkan,” Jelasnya.// MN