• News
  • Bamsoet: IMI Siap Sukseskan Ajang Balap Dunia Formula-E di Jakarta

Bamsoet: IMI Siap Sukseskan Ajang Balap Dunia Formula-E di Jakarta


JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, sebagai perpanjangan tangan Fédération Internationale de l'Automobile/FIA (Federasi Olahraga Mobil Dunia), IMI secara regulasi wajib mendukung penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 (Formula E) yang akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022. Selain karena telah masuk dalam kalender event balap dunia, semangat penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022 juga sejalan dengan semangat IMI mempercepat migrasi kendaraan dari berbahan bakar minyak ke bermotor listrik.

Sekaligus sejalan dengan komitmen pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah mengeluarkan Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Serta program Langit Biru dan Ramah Lingkunan yang digencarkan oleh pemerintah melalui berbagai kementerian/lembaga. 

"Jakarta E-Prix 2022 hadir berkesinambungan dengan dua event motorsport bergengsi dunia lainnya, yakni World Superbike pada 19-21 November serta MotoGP pada 20 Maret 2022, yang keduanya dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia sudah setara dengan berbagai negara maju lainnya dalam hal penyelenggaraan motorsport. Jika Singapura bangga dengan Formula 1, Malaysia dengan MotoGP dan Formula 1, Indonesia justru memiliki tiga event bergengsi sekaligus, yakni World Superbike, MotorGP dan Formula-E," ujar Bamsoet dalam konferensi pers penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022, di Kantor IMI Black Stone Jakarta, Rabu malam (24/11/21).

Turut hadir antara lain Co-Founder sekaligus Chief Championship Officer Formula E Operations Mr. Alberto Longo, dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, serta Juara Dua Dunia FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers Sean Gelael. Hadir pula pengurus IMI Pusat, antara lain Sekretaris Jenderal Ahmad Sahroni, Dewan Pembina Ricardo Gelael dan Robert Kardinal, Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Wakil Ketua Umum IT dan Digital Tengku Irvan Bahran, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Komisi Sosial Kombes Pol Putu Putra Sadana, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri, serta Direktur Keanggotaan Nasrul Fuad. 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, bangsa Indonesia patut bangga, Indonesia dan Ibu Kota Negara Jakarta bertengger bersama berbagai kota hebat lainnya menjadi tuan rumah E-Prix. Antara lain, Berlin, Seoul, Vancouver, New York, London, Roma dan Monaco. Tidak kurang dari 40 media internasional akan meliput kegiatan tersebut secara ekslusif. Serta disiarkan secara langsung ke lebih dari 150 negara.

"Jakarta E-Prix 2022 akan membawa nama Jakarta dan Indonesia ke level baru yang lebih tinggi. Selain dampak ekonomi, kita juga akan mendapatkan dampak reputasional. Menguatkan branding Indonesia sebagai rumah bagi berbagai event motorsport dunia," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, bagi Indonesia, E-Prix 2022 lebih dari sekedar event balap dan juga sebagai signal yang dikirimkan kepada dunia, bahwa Indonesia is back to business. Indonesia siap menerima turis, investor, dan menggenjot perdagangan antar negara. Indonesia siap keluar dari pandemi Covid-19 dan menyongsong matahari yang terbit di ufuk timur, menyambut tahun-tahun yang penuh harapan.

"Saya berpesan kepada Alberto, silahkan pilih dimana tempat yang paling pas untuk ajang balap Formula-E. Tapi tidak boleh di kawasan Monas atau kawasan Gelora Bung Karno (GBK). IMI siap menyukseskan Jakarta E-Prix 2022 menjadi ajang balap Formula E yang paling meriah di dunia. Saya merasakan passion dan energi yang luar biasa untuk mewujudkan acara yang tidak biasa-biasa saja. Dengan support penuh dari Alberto dan tim FEO, saya yakin harapan tersebut akan menjadi kenyataan," pungkas Bamsoet.//IST