• News
  • Asep Noordin: Panitia Pilkada Harus Berikan Edukasi Penggunaan Medsos Di Pilkada Pangandaran

Asep Noordin: Panitia Pilkada Harus Berikan Edukasi Penggunaan Medsos Di Pilkada Pangandaran


Pangandaran - KPU Pangandaran bersama Bawaslu dan Kominfo Pangandaran harus bersinergi dalam memberikan edukasi penggunaan medsos di Pilkada serentak tahun 2019 Pangandaran

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Pangandaran, Asep Noordin, H. MM kepada awak media Rabu (16 September 2020).

"Takutnya, Pilkada 2020 Pangandaran banyak masyarakat yang nantinya terkena dengan Undang-undang ITE," jelasnya.

Menurutnya, ini perlu menjadi titik perhatian dan harus disosialisasikan ke seluruh elemen masyarakat. Terkait hal itu, tugas KPU dan Bawaslu harus lebih dominan untuk menyisir bagaimana pengguna medsos dalam rangka pilkada 2020 Pangandaran.

"Ini harus betul-betul diberikan wawasan baik cara etika dalam bermedsos kepada masyarakat baik kalangan bawah maupun tingkat atas," jelasnya.

Dikatakan Asep, di medsos pun ada aturanya. Harus benar-benar dicek termasuk akunnya, karena banyak akun bodong dan statement yang disampaikan dalam medsos itu sendiri banyak yang bukan edukasi. Melainkan sering terjadi hujatan, ujaran kebencian dan ini banyak masyarakat yang masih belum begitu memahami.

"Sementara di medsos juga ada aturanya tentang tata cara penggunaan medsos, dan ini belum semua masyarakat yang tau akan hal tersebut," kata Asep.

Dimana awal konflik terjadi di lapangan. Itu penyebabnya, bukan dari kampanye terbuka ataupun tertutup melainkan dari medsos. Dikarenakan kampanye terbuka ataupun tertutup saat ini sangat dibatasi.

Dikatakan Asep, kalau medsos yang isinya edukasi dalam memilih dan sebagainya itu menjadi sebuah pembelajaran, pendidikan dalam berpolitik, dan sebuah kedewasaan dalam berpolitik.

"Akan tetapi, medsos terkait nyinyiran- nyinyiran yang mengarah kepada ujaran kebencian, penghinaan dan lain sebagainya, ini yang mestinya dihindari. Karena ini bisa menjadi titik awal konflik, dimana perang udara menjadi perang darat," terangnya.//heru.