• News
  • 3 Tipe Alur Pebisnis Menurut BSI Entrepreneur Center

3 Tipe Alur Pebisnis Menurut BSI Entrepreneur Center


PAMOR.COM, JAKARTA – Menjamurnya pebisnis muda, semakin memotivasi generasi muda untuk menciptakan usahanya sendiri ketimbang memilih bekerja. Dalam merintis bisnis, tentunya harus mengetahui strategi apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan usaha tersebut. 

Dalam dunia bisnis pun, kemampuan membaca kondisi pasar harus dikuasai oleh pebisnis muda. Namun, kurangnya pemahaman dalam membaca situasi pasar membuat beberapa pebisnis muda mengalami kegagalan.  

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai perguruan tinggi, berhasil mencetak ribuan alumni sukses lewat peran lembaga BSI Entreprenuer Center (BEC). BEC sukses menjaring dan membentuk mahasiswa agar menjadi pengusaha sebelum wisuda. 

Fuad Nur Hasan, Kepala BEC Universitas BSI, mengatakan, tak hanya kesuksesan mahasiswa yang kini menjadi pengusaha. BEC juga memantau perkembangan usaha yang dilakukan oleh alumni. BEC membeberkan perbedaan alur bisnis yang bisa dimanfaatkan para pebisnis muda sebagai antisipasi kegagalan bisnis. 

“Kami juga tak melepas mahasiswa yang sudah menjalankan usanya. Kita terus bimbing dan mentorin,” ujarnya.

Berikut 3 Tipe Alur Pebisnis Menurut BEC yang dikemukakan Fuad :

1. Alur Pebisnis Pemula Tipe Gagal

Dalam alur bisnis bagi pemula yang bertipe gagal yaitu pada tahapan Start (memulai), ia akan banyak keinginan. Ingin, Ingin dan Ingin. Di tahap Concept (konsep) ia juga masih memikirkan keinginannya namun tidak memikirkan dana, alias tidak ada dana. 

Pada tahap Design (desain) ia masih punya keinginan, tapi tidak ada dananya dan tidak ada waktu. Di tahap Creative (kreatif) ia menyerah, dan goalnya atau tujuannya tidak tercapai alias gagal.

2. Alur Pebisnis Pemula Tipe Berhasil

Bagi pebisnis tipe berhasil, biasanya pada tahapan Start, ia punya keinginan, lalu ditahap Concept ia punya keinginan dan berusaha dengan dana modal dengkul. Pada tahap Design ia punya keinginan dan punya modal dengkul serta berusaha punya waktu untuk menjalankan bisnisnya dengan bergadang. 

Pada tahap creative, selain ia punya keinginan, modal dengkul dan begadang ia juga mencari koneksi, sehingga diakhir tujuan/goalnya ia bisa berhasil.

3. Alur Pebisnis Pemula Tipe Sukses

Pada alur pebisnis pemula yang bertipe sukses, dalam tahap Start ia punya keingianan, lalu mencoba, dan sudah mengalami gagal. Kemudian di tahap Concept, disaat ia gagal, ia mencoba melakukan riset ulang dan kemudian ia mencoba lagi. 

Pada tahap design, tentunya ia mengalami kegagalan lagi, melakukan riset ulang lagi, melakukan trial error kemudian mencoba kembali. Hingga di tahap creative, ketika masih gagal ia melakukan riset lagi, melakukan trial error lagi, lalu mencoba menanyakan kapada konsumen apa yang dibutuhkan dan diinginkannya. Lalu mencoba lagi dan pada akhirnya goalnya/tujuannya sukses tercapai dan ia menjadi pebisnis sukses.

Itulah tadi , 3 tipe alur pebisnis pemula. Nah, kamu tipe yang mana nih. Universitas BSI, melalui BEC sudah banyak mencetak lulusan yang berjiwa entrepereneur serta banyak juga mahasiswa yang sudah punya usaha sebelum wisuda.

“Dengan BEC, jiwa entrepreneur dari mahasiswa Universitas BSI akan tumbuh. Kami berharap para alumni yang sudah sukses diluar sana, mampu berkontrbusi lebih untuk masyarakat dan negara dalam pertumbuhan ekonomi,” tutup Fuad.//IST