Rabu, 06 Desember 2017 - 21:13:32 WIB
Sertu Akhmad Ansori Motivasi Petani, Olah Lahan dan Tanam Serentak
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 517 kali

Cilacap - Babinsa Desa Padang Jaya Sertu Akhmad Ansori, anggota Koramil 13/Majenang, Kodim 0703/Cilacap memberikan motivasi dan membantu petani dalam olah lahan dan tanam padi serentak dengan pola  tanam jajar legowo (Jarwo).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lahan persawahan H. Sudar yang diketuai oleh Sungkono dari Gapoktan “Sri Mulyaning Tani” Desa Padang Jaya, Kecamatan Majenang seluas 150 ubin, Rabu (06 Desember 2017).

Pengolahan tanah sawah dalam usaha penanaman padi tersebut bertujuan untuk menciptakan keadaan tanah olah yang siap tanam lebih baik, sehingga tanaman padi  yang ditanam akan tumbuh dengan baik dan memberikan hasil maksimal.

Menurut Sertu Akhmad Ansori, pengolahan lahan yang baik sebelum padi ditanami adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen. Bagi Sertu Akhmad Ansori, pengolahan lahan untuk tanaman padi sangat penting untuk diperhatikan.

“Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman padi di antaranya akan dipengaruhi oleh sejauh mana proses pengolahan yang dilakukan sebelum ditanami,” ucapnya.

Disebutkan Sertu Akhmad Ansori, lahan seluas 150 ubin ini nantinya ditanam padi varietas IR 64 dengan pola tanam jajar legowo (Jarwo). Karena selama ini para petani desa Padang Jaya belum pernah menanam padi dengan pola jajar legowo, sehingga petani masih ragu dalam memperoleh hasil panennya yang di capai.

“Dengan adanya motivasi dari kami, petani mau menanam dengan sistim jajar legowo. Kami berharap  hasil panen kedepan akan lebih baik dan berlimpah,” tuturnya. //Wd/Pendim.