Kamis, 30 November 2017 - 23:31:43 WIB
Pertahankan Ketahan Pangan, Babinsa dan Poktan ‘Wina Rahayu 1’ Optimalkan Tanam Padi
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 543 kali

Cilacap - Dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan, Babinsa Koramil 15/ Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Serda Harih Suwargi bersama kelompok tani ‘Wina Rahayu’ mengoptimalkan penanaman padi di Desa Tayem, RT. 04 RW. 01, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Kamis (30 November 2017).

 Menurut Babinsa Tayem Serda Harih Suwargi, kelompok tani Wina Rahayu dimasa panen sebelumnya memperoleh hasil panen yang maksimal dan meningkat.

“Diharapkan masa tanam kali ini, dapat lebih meningkat lagi. Bibit yang digunakan kelompok tani Wina Rahayiu jenis Inpari 30. Sistem tanam yang dipergunakan adalah metode Jajar Legowo (Jarwo) di lahan 20 Hektare,” tutur Serda Harih Suwargi.

Hal senada juga disampaikan Danramil 15/Karangpucung, Kapten Inf. Yusuf Subagyo, bahwa kegiatan Babinsa untuk membantu kelompok tani di wilayahnya secara nyata, salah satunya mengoptimalkan penanam padi bersama kelompok tani.

“Selain mendampingi kelompok tani, Babinsa juga harus senantiasa membantu kelompok tani secara nyata untuk mensukseskan program swasembada pangan di tiap-tiap wilayahnya,” jelasnya. 

Kapten Inf. Yusuf Subagyo sangat yakin bahwa Babinsa selalu siap terjun kelapangan bukan hanya sekedar melihat, tapi ikut merasakan apa yang dikerjakan kelompok tani.

Dengan adanya upaya babinsa membantu kelompok tani, Danramil berharap kelompok tani menjadi terbantu dengan kehadiran Babinsa dilapangan. Usaha untuk terus memperbaiki hasil panen kelompok tani dapat terwujud dengan sinergitas antara Babinsa, PPL dengan masyarakat.

“Dengan begitu akan terjalin komunikasi dan usaha dalam menghadapi kesulitan dilapangan merupakan kunci sukses sektor pertanian di wilayah Teritorialnya,” tandas Kapten Inf. Yusuf Subagyo. //Wd/Pendim.