Kamis, 30 November 2017 - 23:15:21 WIB
Serka Puryanto Dampingi Sosialisasi Penguatan Forum Siaga Gada
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 608 kali

Cilacap - Babinsa Koramil 01/Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Seka Puryanto mendampingi kegiatan sosialisasi program Siaga Gada yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap di Pendopo Kecamatan Cilacap, Kamis (30 November 2017).

Kegiatan yang secara inten digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dalam mensosialisasikan program siaga Gada ini, untuk mengentaskan permasalahan kesehatan yang akhir-akhir ini meningkat.

Siaga GADA sendiri, merupakan akronim dari siaga Gizi buruk, angka kematian ibu dan bayi, demam berdarah, serta HIV.

Kepala UPT Puskesmas Cilacap Tengah, dr. Sriyani selaku pemberi materi menyampaikan, kegiatan sosialisasi siaga GADA bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, menekan angka kematian ibu dan anak, menekan penyakit DBD serta menekan penularan HIV/AIDS.

"Siaga Gada mempunyai makna bahwa pemerintah bersama masyarakat secara sadar bergerak untuk selalu waspada dan aktif melakukan kegiatan yang berorientasi pada penanggulangan gizi buruk, percepatan penurunan AKI, pemberantasan kejadian DBD dan peningkatan penurunan virus HIV/AIDS yang terjadi ditengah masyarakat," ungkapnya.

Dalam kegiatan  pendampingan tersebut, Babinsa Koramil 01/Cilacap, Serka Puryanto  menyampaikan, bahwa Koramil siap mendukung program dari Dinas Kesehatan kabupaten Cilacap untuk mengentaskan permasalahan kesehatan yang ada di wilayah Cilacap.

“Permasalahan kesehatan perlu segera kita ditangani secara serius, karena setiap tahun jumlahnya terus meningkat," tutur Serka Puryanto.

Babinsa Koramil 01/Cilacap menilai sosialisasi program siaga GADA harus terus dilakukan. Selain peningkatkan kualitas layanan kesehatan di tiap puskesmas.

“Kegiatan ini, harus melibatkan semua unsur baik pemerintah, organisasi masyarakat, organisasi profesi kesehatan hingga dunia usaha di tingkat kecamatan serta desa bahkan sampai tingkat dasa wisma,” ujarnya.

Menurut Serka Puryanto, Puskesmas diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), alat kesehatan, dan pelayanan.

“Namun demikian, faktor penentu keberhasilan berada di tangan masyarakat yang peduli terhadap permasalahan kesehatan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat serta pentingnya perilaku hidup bersih,” tandas Serka Puryanto. //wd/Pendim.