Rabu, 29 November 2017 - 19:25:41 WIB
Serka Teguh Ajak Kepala Desa Se Kecamatan Kampung Laut Tingkatkan Ketahanan Pangan
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 463 kali

Cilacap - Tentara Nasional Indonesi (TNI) Angkata Darat akan terus membantu pemerintah daerah demi mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Cilacap, salah satunya di Kecamatan kampung Laut.

Hal tersebut diungkapkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Klaces, Koramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, Serka Teguh. HS dalam rapat koordinasi (Rakor) bulan November tahun 2017 di Pendopo Kecamatan Kampunglaut, Jalan Bahari Nomor 1 Klaces, Kabupaten Cilacap, Rabu (29 November 2017).

Dalam Rakor tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Klaces, Koramil 09/Kawunganten, Kodim 0703/Cilacap, Serka Teguh, HS mengajak seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya masing-masing.

"Dengan tugas inilah, kami selaku Babinsa yang ada di desa sebagai pendamping petani dalam melakukan upaya khusus dalam program pengembangan Padi, Jagung dan kedelai (Pajale)," tutur Serka Teguh.

Menurutnya, peranan Babinsa sebagai pendamping masyarakat dengan mengajak para penyuluh lapangan (PPL) yang ada dikelompok tani untuk melakukan pengawasan secara langsung. "Dengan hal inilah produksi padi akan terus meningkat disini," ujarnya.

Diharapkan, dengan kerjasama pengembangan pertanian pangan, antara TNI dan Dinas Pertanian di wilayah Kampung Laut khususnya Kabupaten Cilacap akan terus berjalan, selama masih di pandang perlu keterlibatan Babinsa.

"Kami memandang ketahanan pangan merupakan satu diantara kunci kuatnya pertahanan wilayah kita. Untuk itu, Babinsa akan selalu mendorong dan mendukung program pemerintah tentang  swasembada pangan yang di canangkan oleh pemerintah pusat," terang Serka Teguh.

Babinsa akan terus mendukung dan mendampingi petani di wilayah binaannya. Karena kondisi di Kampung Laut sendiri masih belum bisa mandiri dalam kesediaan pangan dan masih bergantung pada wilayah lain.

"Harapan kita, kedepan desa-desa yang ada di wilayah Kampung Laut bisa mandiri di bidang pangan," pungkas Serka Teguh HS saat mengikuti rakor tingkat Kecamatan Kampung Laut. //Wd/Pendim.