Rabu, 29 November 2017 - 18:28:10 WIB
Seusai Samapta A dan B, Seluruh Personel Kodim Cilacap Ikuti Ketangkasan Renang Dasar Militer
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 475 kali

Cilacap - Seusai mengikuti tes samapta A dan B, Prajurit Kodim 0703/Cilacap melaksanakan tes  ketangkasan jasmani berupa renang dasar militer gaya dada dengan jarak 50 meter dalam rangka tes Kesegaran jasmani perodik II 2017 yang dipimpin oleh Pasipers Rem 071/WK Mayor Inf. Edwin Samma Baratiku di kolam renang Tirta Mas, Kelurahan Sidanegara, Kabupaten Cilacap, Rabu (29/11).

Mengawali kegiatan tersebut Pasipersrem 071/WK Mayor Inf.  Edwin Samma Baratiku selaku Perwira pengawas menyampaikan beberapa penekanan diantaranya yakni, renang militer merupakan salah satu kemampuan dan ketangkasan yang harus dimiliki oleh seluruh prajurit.

“Untuk itu, hendaknya kegiatan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan semangat serta tetap memperhatikan faktor keamanan agar memperoleh hasil yang terbaik," ujar Mayor Inf.  Edwin Samma Baratiku.

Kegiatan diawali dengan pemanasan yang dipimpin oleh Bintara pelatih dari Jasmani Korem 071/WK Serka Muharyanto. Pemanasan bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan dan untuk menjadikan otot-otot lebih siap dalam melaksanakan tes.

Selanjutnya Prajurit dikelompokkan sesuai dengan kemampuan renangnya masing-masing. Bagi Prajurit yang dinyatakan mampu berenang langsung melaksanakan kegiatan renang penilaian.

Dalam tes kesegaran jasmani  ini, para Prajurit dibagi dalam beberapa gelombang. Dimana setiap gelombangnya terdiri dari 2 (dua) prajurit yang didampingi oleh personel Jasrem lengkap dengan pelampung maupun peralatan keamanan yang lain untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan evaluasi oleh Kajasrem 071/WK yang diwakili oleh Bati Jasrem 071/WK Pelda Yudianto. Dalam arahannya, Pelda Yudianto mengatakan, renang dasar ini sebagai barometer untuk mengukur sejauh mana kemampuan prajurit dalam melaksanakan ketangkasan renang dasar militer pada tes Kesegaran jasmani selanjutnya.

Tes renang dasar Militer dilaksanakan secara periodik bersamaan dangan samapta satu tahun dua kali  untuk menguji kemampuan serta ketangkasan prajurit. “Dengan demikian kemampuan jasmaninya akan selalu terbina, sehingga prajurit selalu siap dalam menjalankan tugasnya," pungkasnya. //Wd/Pendim.