Selasa, 14 November 2017 - 19:44:25 WIB
Dukung Swasembada Pangan, Koramil 08/Adipala Laksanakan Sistem Tanam Jajar Legowo
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 272 kali

Cilacap - Koramil 08/Adipala, Kodim 0703/Cilacap bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Adipala dan Gapoktan Tani Makmur Desa Adipala, Kecamatan Adipala melaksanakan tanam padi serentak dengan sistem tanam Jajar Legowo (Jarwo) dilahan persawahan seluas 30 Hektare milik Gapoktan Tani Makmur Adipala.

Danramil 08/Adipala, Kapten Inf. Tukimin, melalui Bati Tuud Pelda Wahidin menuturkan, kegiatan tanam padi serentak ini, kami laksanakan untuk menindaklanjuti program pemerintah tentang Swasembada pangan.

"Penanaman serentak ini, diharapkan para petani mau mengembangkan cara penanaman padi dengan sistem Jajar Legowo, sehingga akan mendapatkan hasil panen yang maksimal," jelas Pelda Wahidin, Selasa (14 November).

Tanam padi serentak, sambung Pelda Wahidin, di wilayah Kecamatan Adipala direncanakan akan terus dilanjutkan tahap berikutnya. Sasaran program tanam serentak ini, untuk mencapai program Swasembada pangan khususnya tanaman padi sesuai yang sudah dicanangkan oleh pemerintah pusat. "Diharapkan pada tahun 2017 ini bangsa Indonesia bisa Swasembada pangan," tuturnya.

Sementara itu, Petugas penyuluhan lapangan ( PPL ) Kecamatan Adipala Rina Triastuti Sp menyampaikan banyak terima kasih atas inisiatif TNI dari Koramil 08/Adipala dan para petani yang tergabung kelompok Tani Makmur desa Adipala dalam mencanangkan tanam serentak dengan sistem Jarwo.

"Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang berusaha membantu semaksimal mungkin, sehingga hasil panennya sesuai yang diharapkan," ujarnya.

Hal yang sama dikemukan,Ketua Gabungan Kelompok Tani Makmur, Warnoto, gerakan tanam padi serentak ini, mendapat dukungan penuh dari personil TNI Koramil 08/Adipala dan PPL Kecamatan Adipala.Dengan demikian akan lebih cepat dan tuntas.

Warnoto, mewakili Gapoktan ‘Tani Makmur juga menyampaikan terimaksih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam membantu tanam padi serentak dengan system tanam Jarwo. Dia juga berharap kedepan kegiatan tanam serentak (tanam Jarwo) tetap terus berlanjut yang menjadi program dari pemerintah. //Wd/Pendim.