Minggu, 12 November 2017 - 16:34:10 WIB
Antisipasi Penyalahgunaan Senpi, Kapolresta Banjar Lakukan Tes Psikologis Anggota Polres Banjar
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 423 kali

Banjar - Kepolisian Resor Kota Banjar, melaksanakan test psikologis penggunaan senjata api (senpi) di jajarannya. Hal itu dilaksanakan guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata disaat sedang bertugas karena faktor psikologis.

Pelaksanan test psikologi dipimpin langsung Kapolres Banjar, AKBP Twedi. AB, S.Sos, SIK, MH didampingi Kasubbag Psi SDM Polda Jabar, Kompol Cristopel, S.Ip, M di Aula Mapolres Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (11 November 2017).

Selain untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata disaat bertugas karena faktor psikologis, Test psikologis ini dilakukan untuk mengevaluasi personil Polres Banjar baik Perwira maupun Bintara.

Menurut Kapolres Banjar, AKBP Twedi. AB, S.Sos, SIK, MH, kegiatan ini diselenggarankan oleh Tim Psikologi dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jabar yang diketuai oleh Kasubbag Psi SDM Polda Jabar Kompol Cristopel, S.Ip, MS, dimana tes ini bertujuan untuk mengetahui karakter masing-masing calon pemegang Senjata Api selama bertugas dilapangan.

"Dalam pelaksanaannya, personil Polres Banjar nantinya akan diberikan penjelasan tentang cara dalam penggunaan senjata api dan dilanjutkan dengan mengerjakan lembar soal yang diberikan oleh tim psikologi," ujar Twedi.

Kapolres menambahkan pelaksaan tes ini, sudah menjadi agenda rutin. Harapannya, semua senjata api yang dibawa oleh personil sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku dan bisa sebagai alat penunjang saat bertugas.

Kapolres Banjar juga menghimbau kepada personil yang menggunakan senpi, untuk tidak lalai dan menyalahgunakan senjata api supaya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.//Heru