Minggu, 29 Oktober 2017 - 18:12:07 WIB
Tari Kolosal “Satu Indonesiaku” Semarakan HSP Ke 89 Tingkat Jawa Tengah
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 459 kali

Cilacap - Tari kolosal "Satu Indonesiaku" yang digarap oleh Karmiyah, S.Pd, Kepala SD Negeri Sidanegara 01 Cilacap, turut menyemarakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89 tingkat Jawa Tengah yang dipusatkan di alun alun Cilacap, Sabtu (28 Oktober 2017).

Gerak tari kolosal yang dibawakan oleh 250 penari, melibatkan 175 pelajar putri dan 75 pelajar putra, dari siswa dan siswi SMA Negeri 1, 2 dan 3 Cilacap serta siswa SMK Negeri 1 dan 2 Cilacap, SMA Negeri Jeruklegi dan SMA Yos Sudarso Cilacap.

Tari kolosal yang menggambarkan rasa persatuan dan kesatuan serta keragaman budaya, menghibur dan memukau Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bupati se Barlingmascakeb, Forkopimda se Jawa Tengah, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga se Jawa Tengah, mahasiswa, pelajar dan tamu undangan.

Saat ditemui usai pementasan tari kolosal, Koreografer tari "Satu Indonesiaku", Kepala SD Negeri Sidanegara 01 Cilacap, Karmiyah, S.Pd menjelaskan, tari ini menceritakan tentang senjata yang paling ampuh dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ialah persatuan dan kesatuan.

Perbedaan warna, bahasa, agama dan suku bangsa menjadikan bangsa ini kuat untuk menjadi Indoneia Jaya. Kain warna warni yang indah melambangkan rasa persatuan. Bendera merah putih yang berjumlah 8 dan 9 melambangkan peringatan sumpah pemuda yang ke 89.

"Gerak tari yang ditampilkan dari sabang sampai merauke. Namun untuk menyingkat waktu dan durasi yang tidak terlalu banyak, beberapa gerak tari daerah sudah mewakili," tutur Kamiyah.

Disebutkan Karmiyah, gerak tari dan musik pengiring yang ditampilkan berasal dari daerah Papua, Kalimantan, Bali, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Melalui gerak tari yang dibawakan ini, diharapkan anak-anak mampu dalam mengekpresikan budaya yang ada.

"Mereka akan lebih mencintai budaya sendiri. Baik budaya yang ada di daerahnya maupun secara umum yang ada di negeri ini, Sehingga keragaman budaya yang kita miliki akan terus terjaga dan tidak akan punah," ujarnya.

Dengan semangat sumpah pemuda, Karmiyah berharap generasi pemuda dan pemudi bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan ini penuh rasa tanggung jawab, disiplin dan jadilah generasi yang berkarakter. "Jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini," tuturnya.

Hal serupa juga dipertegas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Cilacap, Murniyah, melalui semangat peringatan hari sumpah pemuda ke 89 ini, pemuda harus berani, pemuda pantang menyerah. "Pemuda harus punya semangat dan kreativitas yang tinggi seperti yang disampaikan Pak Ganjar Pranowo," tuturnya. // WD