Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:35:59 WIB
Terjadi Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan di Purwokerto
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 442 kali

Kasus kekerasan oleh Aparat Polisi kembali menimpa sejumlah wartawan Banyumas di Halaman Kantor Bupati Banyumas, Senin (9 Oktober 2017) lalu. Atas kejadian tersebut seorang wartawan media elektronik Darbe Tyas dari Metro TV sempat dipukuli dan diinjak, hingga mengalami luka memar. Kamera milik Darbe Tyas juga dirampas oleh oknum tersebut.

Kejadian berawal saat pembubaran aksi demo penolakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) oleh Polisi dan Satpol PP sekitar pukul 22.00 WIB. Ratusan petugas polisi langsung menyerbu lokasi demo dan membongkar tenda-tenda yang didirikan pengunjuk rasa.

Wartawan yang melihat kejadian ini berusaha mengabadikan dengan kameranya. Namun tindakan wartawan ini langsung dihadang dengan tindakan kekerasan. Darbe Tyas yang saat itu berada di lokasi agak jauh, sempat diarak puluhan petugas ke halaman Setda, kemudian dipukuli petugas di lokasi tersebut hingga terjatuh. Bahkan petugas juga sempat menginjak-injak tubuhnya.

Atas kejadian yang menimpa wartawan yang ada di Banyumas tersebut PWI Banyumas menyatakan mengutuk aksi kekerasan tersebut dan  meminta kepada pelaku tindak kekerasan terhadap wartawan untuk diproses sesuai dengan hokum yang berlaku.

PWI juga meminta kepada Kapolres Banyumas dan Bupati Banyumas agar bisa mengembalikan sejumlah barang yang hilang dan mengganti kerusakan yang ditimbulkan.*