Selasa, 17 Desember 2013 - 07:56:20 WIB
Ibu Kembalilah Pulang
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 11968 kali

Ibu seperti apa sih nek ? Itulah pertanyaan yang sering diutarakan Dafa Rizky Setyadi dan Deri Rizky Setyadi (13) kepada neneknya Painah. Sudah 12 tahun lamanya kedua cucunya tidak pernah merasakan belaian kasih sayang seorang ibu. Tanpa bisa berkata-kata dan dengan berlinangan air mata, Painah pun hanya bisa menunjukkan sebuah foto usang kepada kedua cucu kembarnya tersebut.

Seperti itulah yang dirasakan Painah (50) warga Desa Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Dafa dan Deri adalah cucu dari anak keduanya Cipta Rasmi (34) yang akrap disapa Mami yang sejak Tahun 2001 pergi meninggalkan kedua anak kembarnya untuk mencari nafkah, namun hingga saat ini tidak ada kabar beritanya.

"Saat pergi, Mami hanya ngomong mau diajak kerja oleh temannya. Namun tidak menjelaskan siap teman yang ngajak dan waktu berangkat itu disaat saya sedang memandikan kedua anak kembarnya yang saat itu berusia 16 bulan, seperti sengaja biar saya gak tau dia perginya sama siapa." Kenang Painah. Pernikahan anak keduanya memang tidak langgeng, terlebih setelah diketahui kalau anak kembarnya mengindap penyakit bawaan yaitu hernia, Karena kondisi itulah Mami meminta ijin untuk mencari pekerjaan buat biaya berobat kedua anaknya.

"Kalau tahu tidak pulang, tidak mungkin saya kasih ijin pergi cari kerja." sesalnya. Keterbatasan kondisi memaksa Painah hanya bisa berdiam diri meski tak jarang pula ia sengaja mencari ke kota-kota disekitaran Purwokerto dan hanya bisa menangis ketika kedua cucunya Dafa dan Deri yang sekarang sudah beranjak remaja menanyakan seperti apa sebenarnya sosok ibunya tersebut.

"Tiap kali Dafa dan Deri bertanya tentang ibunya paling saya hanya bisa menunjukan foto usang Mami ketika masih gadis, dan itu cukup untuk pengobat rindu dafa dan Deri." Tuturnya seraya menyeka air matanya. Desas-desus keberadaan Mami sebenarnya pernah ia dengar dari beberapa saksi mata yang katanya pernah melihat sosok perempuan yang mirip dengan anaknya. Namun setelah dicari oleh beberapa kerabat ternyata keberadaan perempuan yang katanya mirip dengan Mami itu tidak pernah ditemukan.

"Ada beberapa orang yang katanya pernah melihat Mami di sekitaran purwokerto, tapi ketika didatangi ke tempat yang dimaksud ternyata tidak ada, ini yang kadang membuat saya penasaran, apa benar yang mereka lihat itu memang Mami anak saya." Ucapnya. Saat ini Painah hanya bisa pasrah dan berdoa berharap bisa bertemu kembali dengan Mami untuk kebahagiaan kedua cucunya. //ipung