Kamis, 05 Juli 2018 - 01:35:46 WIB
Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Kota di Kota Banjar
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 47 kali

Banjar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Banjar menggelar rapat pleno tebuka rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat kota, dalam Pilkada serentak Tahun 2018. Kegiatan berlangsung di gedung Graha Banjar Idaman (GBI), jalan Tentera Pelajar, kelurahan Mekarsari, kecamatan Banjar, kota Banjar, Rabu (4 Juli 2018).

Hasil rekapitulasi untuk pemilihan walikota dan wakil walikota, sementara pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Hj. Ade Uu Sukaesih, S.IP., M.Si. dan Nana Suryana (Golkar, PDI-P, PKB) meraup suara terbanyak mencapai 58.020 suara. Sedangkan paslon nomor urut 2, Maman Suryaman dan Dr. Hj. Irma Darmawatie Bastaman (PAN, PKS, Demokrat, Hanura, PPP, Nasdem, PSI, Partai Berkarya, PBB, Perindo, Idaman, Garuda, Gerindra) mendapat 52.885 suara.

Sementara itu, rekapitulasi untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di kota Banjar di dominasi oleh paslon nomor urut 1.

Ketua KPU kota Banjar, Dani Danial Muhklis menyebutkan, data yang masuk tersebut sudah 100 persen dari 4 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kota Banjar. Adapun jumlah seluruh suara sah mencapai 110.905, jumlah suara tidak sah 3.069, hingga totalnya 113.974 suara.

Menurutnya, partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2018 di kota Banjar mencapai 79,40 persen. Ini menunjukkan kualitas demokrasi yang meningkat signifikan.

"Partisipasi sesungguhnya kita meningkat di banding pilkada 2013 dan pemilu pilpres serta pileg di tahun 2014. Antusiasme dan kehendak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya jauh lebih bagus ketimbang penyelenggara yang lalu," tutur Dani kepada awak media.

Dani menambahkan, penyelenggaraan pilkada serentak 2018 di kota Banjar baik pilwalkot maupun pilgub dalam keadaan aman dan kondusif. Mudah mudahan tradisi ini bisa kita tingkatkan lagi pada pemilu yang akan datang.//Yuli.