Kamis, 07 Juni 2018 - 09:25:43 WIB
Tiga Pilar Penjaga Kondusifitas Kamtibmas
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 43 kali

Banjar - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) banjar, TNI dan instansi terkait menggelar Apel Besar Tiga Pilar dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018 serta Pilpres 2019. Apel yang dilakukan di Lapangan Upacara Polres Banjar, Rabu (6 Juni 2018).

Ratusan personil Kepolisian, TNI, BPBD, Pramuka dan instansi terkait mengikuti Apel yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Polres Banjar dan sebagai pembina upacara adalah Plt Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, Rabu (6 Juni 2018).

Apel tersebut untuk meningkatkan sinegitas antara Babhinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa atau Lurah se kota Banjar dalam mengamanam Pilkada serentak tahun 2018 dan Pilpres Tahun 2019 aman guna mewujudkan kota Banjar dan Jawa Barat kondusif.

Dalam amat pembina upacara, Plt Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia mengatakan, peranan tiga pilar Babhinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa serta Lurah merupakan ujung tombak dalam menjaga ketahanan sosial, eksistensi sosial dan kontrol sosial terhadap setiap fenomena peristiwa yang mengarah akan terjadinya konflik dan gangguan Kamtibmas.

"Selama ini rekan rekan sekalian sudah mengaktualisasi basis sosial dan jaringan sosial dalam upaya merespon secara cepat dan tepat pada setiap gangguan Kamtibmas dari ketajaman deteksi dan antisipasi dini di dalam memahami karakteristik dan dinamika kehidupan masyarakat setempat, serta mampu mebangun kedekatan hubungan kerjasama dan komunikasi dengan polah kemitraan dengan masyarakat," terangnya.

Darmadji juga mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada para Babhinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa serta Lurah atas prestasi yang dicapai selama ini.

"Saya berharap dari pelaksanaan Apel Besar Tiga Pilar bukan hanya sebagai acara seremonial belaka, namun sebagai langkah strategis untuk memelihara dan menjaga sinergitas dan soliditas serta kerja sama di dalam menangani setiap permasalahan yang ada diwilayah masing masing guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," ungkapnya.//yuli.