Selasa, 22 Mei 2018 - 14:56:02 WIB
Heru Kunjungi Pembangunan Rumah Anggota Veteran di Kalikidang
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 56 kali

Banyumas - Dalam rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Nasional, Pelaksana Tugas (PLt) Gubernur Jawa Tengah Drs Heru Sudjatmoko menyambangi rumah Basiran (72), salah seorang veteran pejuang kemerdekaan RI yang tinggal di Desa Kalikidang, Kecamatan Sokaraja, Senin (21 Mei 2018) lalu.

Basiran menjadi salah seorang veteran pejuang yang beruntung memperoleh bantuan dana sosial dari Bank Jateng sebesar Rp 65.998.000 untuk bedah rumah.

Mendapat kunjungan Gubernur dan Plh Bupati Banyumas Wahyu Budi Saptono, pria berusia 72 tahun tersebut begitu senang. Apalagi memperoleh bantuan sosial pembangunan rumah. Semula rumah Basiran berupa bangunan dari kayu yang mulai lapuk. Di rumah itu, dia tinggal bersama sang istri dan anak ketiganya yang berkebutuhan khusus.

Kepala Desa Kalikidang Sarjono mengatakan, saat akan dipugar kemungkinan rumah tersebut akan rusak dan tidak ada bahan material yang bisa digunakan. Karena depan rumah masih terdapat lahan yang cukup luas, maka dibangunlah rumah baru berukuran lima kali lima meter yang berisi dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

"Pak Basiran memiliki empat orang anak dan enam cucu, kesehariannya mengumpulkan rezeki sebagai pengayuh becak dan menggarap sawah," kata Kades

Plt Gubernur Heru secara resmi menyerahkan bantuan bedah rumah dari Bank Jateng berpesan agar rumah yang dibangun dipelihara dengan baik agar memberi manfaat untuk anak cucu.

Dengan berbinar binar, Basiran yang didampingi istrinya mengucapkan terima kasih. Dia berjanji akan merawat rumah barunya itu secara sungguh-sungguh.

"Saya ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya. Setelah didirikan, (rumah) akan saya rawat sedemikian rupa sampai ke generasi penerus saya. Semoga pemerintah terus memperhatikan orang-orang yang berjuang dahulu," ujar Basiran.

Sementara Pimpinan Cabang Koordinator Bank Jateng Purwokerto Aris Setiawan mengatakan bantuan tersebut mutak untuk pembangunan rumah. Dengan harapan anggota veteran ini hidup lebih layak, dapat menempati rumah baru dengan lebih nyaman.//**