Kamis, 26 April 2018 - 22:14:18 WIB
Debat Publik Pilwakot Banjar Lancar, Aman dan Tertib
Diposting oleh : Heru
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 59 kali

Banjar - Debat publik dua pasangan calon Walikota dan wakil Walikota, Pilwakot Banjar 2018 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, berlangsung dengan tertib, aman dan damai. Acara yang disiarkan langsung oleh Radar TV Tasimalaya dilaksanakan di gedung Graha Banjar Idaman (GBI) Jl. Tentera Pelajar, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar, Jawa Barat. Rabu (25 April 2018) malam.

Debat publik yang merupakan bagian dari ikhtiar dalam penyampaian visi, misi sehingga bisa diterima oleh masyarakat Kota Banjar, melibatkan dua Paslon Walikota dan Wakil Walikota, pasangan nomor urut satu, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, Sip, Msi berpasangan dengan Nana Suryana (Asih Saenyana) yang diusung Parpol PDIP, Golkar, dan PKB. Sementara untuk Paslon nomor urut dua, H. Maman Suryana, berpasangan dengan Dr. Hj. Irma Bastaman Haris, MM (Iman Barokah) yang diusung oleh Parpol Gerindra, PKS, PPP, Hanura, Demokrat, Nasdem, Perindo, Berkarya, dan PSI.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres kota Banjar, AKBP Matrius, SiK, MH, Dandim 0613 Ciamis, Letkol ARM Reza Nur Patria, Ketua KPU kota Banjar Dani Danial Mukhlis beserta jajaran komisariat serta tujuh orang tim perumus materi debat.

Selain dihadiri oleh tim sukses paslon 1 dan 2, acara tersebut juga diikuti 400 pemilih pemula, dan 25 penyandang disabilitas.

Usai acara, Ketua KPU kota Banjar, Dani Danial Mukhlis mengucapkan syukur alhamdulillah acara sudah selesai, acara dimulai sekira jam 20.00 WIB sampai dengan barusan selesai lancar, aman dan tertib. Debat publik juga membahas tentang 6 isu yang telah dirumuskan oleh tim perumus. Adapun isu isu tersebut meliputi, kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, persoalan daerah, kemudian ekonomi, pelayanan terhadap masyarakat dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dijelaskan Dani, bahwa Debat Kandidat ini merupakan bagian dari tahapan pemilihan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar, pada perhelatan Pilkada Serentak Tahun 2018. kemudian hasilnya, KPU menyerahkan semua pilihannya pada seluruh masyarakat Kota Banjar untuk menentukan siapa calon pemimpin yang layak 5 Tahun kedepan.

"Pada kesempatan ini kami memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat diwilayah Kota Banjar, untuk menyaksikan dan mendengarkan langsung pemaparan visi dan misi para calon calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar, yang di siarkan langsung (Live) disalah satu statsiun TV Swasta. Kami juga menggelar nonton bareng di 25 lokasi Desa dan Kelurahan yang ada diwilayah Kota Banjar," sambung Dani.

Lebih lanjut, Dani mengajak, kepada seluruh calon calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar beserta tim sukses pasangan calon, para pendukung pasangan calon, dan seluruh warga masyarakat di wilayah Kota Banjar, agar bisa bersama-sama menciptakan Pilkada ini dengan damai, aman dan bermartabat.

"Mari senantiasa menciptakan perhelatan Pilkada Serentak Tahun 2018 ini, khususnya di Kota Banjar, dengan damai, aman dan bermartabat. Dengan harapan agar Kota Banjar bisa menjadi daerah percontohan, pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 ini," harap Dani.//Yuli.