Senin, 08 Agustus 2011 - 16:29:05 WIB
Penemu Varitas Padi Unggul Baru
Diposting oleh : Ipung
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 2910 kali

PURBALINGGA, PAMOR - Ditengah maraknya penipisan lahan persawahan sebagai penyangga ketahanan pangan serta rendahnya keberadaan beras berkwalitas yang murah, sebuah berita menyejukkan muncul dari  Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Salah satu warganya yang bertempat di Jl.Kecombron No.2 RT 02 RW 06 Bukateja, Purbalingga dan Penaruban Kecamatan Kaligondang, Purbalingga bernama Syaein SP, diberitakan telah berhasil menemukan varitas padi unggul baru dengan beberapa kelebihannya, yang dikenal dengan nama padi unggul Mutiara. 

Ditemui di rumah orang tuanya, Syaein bercerita bahwa ia Kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB)  dengan  motivasi memajukan pertanian didaerahnya sendiri. Setelah kuliah ia bekerja di balai penelitian padi di Sukamandi sbg tenaga honorer selama setengah tahun kemudian ia  kembali ke kampus untuk ikut bekerja dengan dosennya dalam proyek-proyek penelitian pht di kalitaun, di  Ciledug Cirebon 1 tahun, Pengalengan bandung selatan 2 tahun lalu kembali ke Bukateja sekitar tahun 1998. 

Di Bukateja Syaein berusaha bertani dengan  menggarap lahan orang tuanya seluas 0,8 hektar yang digunakan sebagai pencaharian, sebagai  lahan percobaan,  dan pengembangan penelitian antara lain pengembangan teknologi pertanian yang ramah lingkungan, pertanian organik  secara bertahap, penyilangan varietas padi lokal agar memperoleh varitas baru yang unggul, ramah lingkungan dan produktifitas tinggi, kemudian pemanfaatan mikroba akar bambu untuk pupuk hayati, metode sederhana tentang pembuatan bahan pestisida nabati, metode sederhana memprediksi hama penyakit berdasar siklus perubahan cuaca, dan beberapa penelitian lainnya.

Perihal varietas padi unggul baru yang diberi nama Mutiara, Syaein menjelaskan bahwa varietas ini merupakan persilangan buatan secara manual antara padi pandan wangi dan padi wulung sebagai induknya, dimana padi pandan wangi memiliki kelebihan hemat pupuk, daya tahan hama busuk pelepah, produksi tinggi tetapi memiliki kelemahan tidak tahan dari hama busuk daun/kresek. Sedang padi wulung sangat tahan hama kresek. 

Adapun keunggulan Padi varietas Mutiara ini antara lain tahan hama busuk daun/kresek, hemat pupuk, textur gabah lonjong, nasi pulen, kisaran produksi 5,6 - 8,4 ton/hektar gabah kering panen. Umur 100 hari setelah tanam, satu rumpun berisi 20-22 batang/anakan.

Disebut Mutiara, karena bentuknya yang lonjong dan mengkilap dan rendemen beras utuhnya tinggi. Sejak 2005 Syaein mencoba menyempurnakan varietas ini agar menjadi baku, maka saat ini jenis padi Mutiara sudah ada dan ditanam para petani dibeberapa daerah, terbanyak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. 

Memang penyebarannya belum merata karena hanya dari petani ke petani dan belum dijual secara komersil, tetapi kedepannya Syaein akan memasarkan secara umum, untuk itu ia mohon bantuan dari instansi terkait dana badan penyuluhan agar dapat memfasilitasi dan meratakan distribusi. //Slamet Priyanto




85 Komentar :

obat darah tinggi
04 Januari 2014 - 07:49:40 WIB

selamat pagi dan selamat beraktivitas http://goo.gl/hqpXcX
obat benjolan di vagina
15 Januari 2014 - 13:39:45 WIB


nice infonya
http://goo.gl/oiqtX2
obat kanker ovarium
17 Januari 2014 - 10:52:11 WIB

mksih ya bwat infonya
obat stoke iskemik
17 Januari 2014 - 11:20:24 WIB

terimakasih admin untuk infonya http://goo.gl/3fqgaW
cara pengobatan azoospermia
18 Januari 2014 - 14:55:03 WIB

Cara cepat mengobati sperma kosong atau azoospermia secara alami menggunakan tricajus obat herbal azoospermia yang paling ampuh dan sudah terbukti benar-benar ampuh untuk sembuhkan berbagai macam keluhan lain seperti sperma encer, ejakulasi dini lemah syahwat dan lainnya. http://goo.gl/LBmjQU
obat gula darah tinggi
24 Januari 2014 - 13:30:51 WIB

terimakasih admin atas infonya Manfaat Dan Khasiat Daun Jambu Biji
obat tumor kista alami
24 Januari 2014 - 13:41:44 WIB

terimakasih admin atas uinfonya
obat herbal gagal ginjal
28 Januari 2014 - 10:34:06 WIB

terimakasih admin infonya membantu sekali http://goo.gl/k90wjW
obat darah tinggi
06 Februari 2014 - 08:50:37 WIB

semoga makin sukses sama webnya,
tingkatkan terus prestasi anda dalam berkarya http://goo.gl/FBTFKF
obat darah tinggi
06 Februari 2014 - 08:51:32 WIB

semoga makin sukses sama webnya,
tingkatkan terus prestasi anda dalam berkarya http://goo.gl/FBTFKF
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 9 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)