Rabu, 14 Februari 2018 - 13:49:28 WIB
TNI-Polri dan Pemda Cilacap Siap Amankan Pemilukada Jateng 2018
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 25 kali

Cilacap - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Yudi Purwanto bersama segenap unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap saksikan simulasi latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Pilgub/Wagub Jateng 2018 di wilayah Kabupaten Cilacap yang dipusatkan Alun-alun Pemkab Cilacap, Selasa (13 Febuari 2018).

Sebelum pelaksanaan simulasi tersebut didahului gelar apel pasukan yang diikuti oleh personel TNI dari Kodim 0703/Cilacap dan Lanal Cilacap, personel Polri dari Polres Cilacap dan Subden 3 dan 4 Satuan Brimob Polda Jateng serta Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap. Kegiatan latihan ini juga disaksikan Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian beserta seluruh Perwira Kodim 0703/Cilacap serta Polres Cilacap. 

Simulasi latihan pengamanan kota yang digelar oleh Polres Cilacap ini gambaran tindakan personel keamanan yang dilakukan apabila dalam pelaksanaan Pilkada terjadi hal anarkis, sehingga dapat ditanggulangi secara cepat. 

Dalam sambutannya Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, S.I.K, menjelaskan, simulasi ini merupakan salah satu persiapan Polri dan TNI serta satuan unsur pengamanan terkait yang akan melaksanakan tugas pengawalan proses demokrasi mulai dari pentahapan kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara. 

“Pengamanan ini juga dilaksanakan pada pasca pemungutan suara hingga pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur terpilih, agar situasi Kamtibmas di wilayah Cilacap tetap aman dan  kondusif,” jelas Kapolres.

Djoko berharap agar latihan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggungjawab, sehingga dapat meningkatkan seluruh personel yang akan melaksanakan tugas.

"Tugas kita dalam pengamanan pentahapan Pilgub/Wagub 2018 adalah mengamankan jalannya seluruh rangkaian kegiatan pemilu dengan cara bertindak sesuai dengan protap satuan masing-masing.  Jalin terus komunikasi dan kebersamaan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dilapangan,” pesan Kapolres.

Djoko menilai kerawanan Pemilukada sangat berbeda dari Kamtibmas maupun kualitasnya, sehingga perlu adanya dukungan dari semua pihak untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam menghadapi berbagai kerawanan yang ada, sehingga situasi kamtibmas di wilayah dapat diatasi.

Hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan latihan yang dilaksanakan oleh aparat gabungan TNI-Polri dan Unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dengan sungguh-sungguh melalui beberapa pentahapan latihan, yakni dari penanganan penghadangan oleh pengunjuk rasa, penanganan pengunjuk rasa yang tidak puas dengan keputusan KPU, penanganan pengunjuk rasa yang bertindak anarkis hingga penjinakan bom.

Menanggapi rangkaian kegiatan latihan Sispamkota ini, Dandim Letkol Inf. Yudi Purwanto dan jajarannya sangat mengapresiasi dengan latihan gabungan dalam rangka Pengamanan Pilgub/Wagub Jateng 2018 di wilayah Kabupaten Cilacap.

Dandim menilai latihan ini sangat penting dilaksanakan guna meningkatkan kemampuan seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan. Melalui latihan ini, TNI-Polri di wilayah Cilacap semakin kuat, sehingga harapannya mampu mengamankan jalannya rangkaian Pemilukada 2018 mendatang. “Termasuk situasi Kamtibmas khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap dapat berjalan aman dan kondusif,” tutur Letkol Inf. Yudi Purwanto Dandim 0703/Cilacap. //Wd/Pendim.