Rabu, 07 Februari 2018 - 15:16:31 WIB
Sertu Sodirin Hadiri Pembentukan LMDH Desa Grugu
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Berita Kota - Dibaca: 94 kali

Cilacap - Batiwanwil Koramil 09/ Kawunganten Sertu Sodirin hadiri pembentukan Lembaga masyarakat Desa hutan (LMDH) yang berlangsung di Balai Desa Grugu Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Selasa (06 Febuari 2018).

Kegaiatan pembentukan LMDH desa Grugu dihadiri Kanit Binmas Polsek Kawunganten Aiptu Mustangin, Mantri Perhutani BKPH Rawa Timur Trenggono, Kades Grugu Nasam, Ketua BPD Grugu Bodo Muslimin, Ketua LPPMD Grugu Giyono serta diikuti para Ketua Kelompok Tani hutan se Desa Grugu.

Dalam sekapur sirihnya, Kepala Desa Grugu, Nasam menuturkan pembentukan pengurus LMDH perlu dilakukan. Mengingat masa jabatan pengurus lama sudah habis, yakni 5 tahun, sehingga perlu reorganisasi kepengurusan baru.

“Saya berharap dengan pengurusan yang baru ini. Pengurus dapat bekerja dengan baik dan dapat memfasilitasi antara kelompok tani hutan (KTH) dengan Perhutani maupun dengan pemerintahan desa setempat," katanya.

Ditempat yang sama, Batiwanwil Koramil 09/ Kawunganten Sertu Sodirin menghimbau, bahwa siapapun yang nantinya terpilih menjadi pengurus LMDH desa Grugu harus transparan dan tertib administrasi serta yang lebih penting lagi pengurus harus kompak.

"Apalagi potensi lahan yang digarap cukup luas. Selain bisa ditanami padi setahun 2 kali juga bisa untuk budidaya ikan, sehingga manfaat yang bisa diambil cukup besar. Jadi jangan dibiarkan lahan tersebut tidak tergarap,” ucapnya.

Selain potensi Mina Padi, lanjut Sertu Sodirin, lahan di sini wilayah LMDH Desa Grugu juga bisa ditanami pohon panggang untuk tanam hias maupun pohon kelapa. “Hal itu yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh KTH untuk menambah penghasilan, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Terpilih sebagai pengurus LMDH Margo Rahayu desa Grugu periode 2018-2023 yakni, Sutikno sebagai Ketua, Surono wakil ketua, Kartameja sebagai Bendahara dan Surahman adalah Sekretaris. //Wd/Pendim