Kamis, 07 Oktober 2010 - 16:55:36 WIB
Rengas Dengklok
Diposting oleh : Suparjo
Kategori: Sejarah - Dibaca: 4505 kali

Saksi bisu sejarah yang menjadi kebulatan tekat untuk kemerdekaan, siang itu terlihat begitu sunyi, bersanding dengan Citarum yang meluapkan derasnya arus seolah meneriakan nasib bangsa. Akankah muncul kebulatan tekat sebagai virus kebangkitan Nasional untuk mencapai kemerdekaan yang sesungguhnya seperti yang terjadi pada 16 Agustus 1945 sebelum negeri ini merdeka.

Peristiwa Rengasdengklok memberi arti penting untuk Indonesia, meski berada di suatu tempat kecil namun mampu melahirkan suatu gagasan akan kemerdekaan yang kemudian direspon secara singkat di Jakarta. Dengan kata lain Rengasdengklok bisa diibaratkan sebagai pelatuk dari senapan kemerdekaan yang melahirkan Negara Kesatuan Indonesia. 

 
Rumah Sejarah 
Selain Monumen Kebulatan Tekat, Rumah milik Djiaw Kie Siong yang dulu menjadi tempat singgah Bung Karno dan Bung Hatta sampai sekarang masih terawat dan terjaga keberadaannya, hanya lokasinya saja yang berubah karena lokasi yang lama sudah terkikis sungai Citarum. Rumah tersebut dipindah ketempat yang lebih aman pada tahun 1957. Bentuk rumah, dindin kayu dan biliknya masih utuh, hal ini karena sang pemilik sangat menjaga nilai-nilai sejarah seperti yang di amanatkan oleh mendiang Djiaw Kie Siong pada anak cucunya agar tetap menjaga dan merawat rumah sejarah itu.
 
Meskipun Bung Karno dan Bung Hatta hanya beberapa jam di rumah tersebut, namun gagasan tentang proklamasi dapat terlahir yang kemudian di tindak lanjuti di Pegangsaan Timur 56 di Jakarta. Menurut Iin (56), ia pernah mimpi di datangi sosok seperti Bung Karno yang berwasit agar rumah sejarah tetap dirawat. Ia juga kerap mimpi di datangi mendiang Djiaw Kie Siong (kakeknya) yang juga berwasiat sama.
 
Rumah sejarah sampai sekarang masih di datangi pengunjung dengan berbagai tujuan, ada yang napak tilas, ziarah, dan ada juga yang melakukan ritual khusus karena dipercaya tempat-tempat sejarah Bung Karno juga menyimpan rahasia Bung Karno.//sp