Kamis, 21 Desember 2017 - 21:09:35 WIB
Kurungang Ayam Jago, Nadi Kehidupan Warga Binangun
Diposting oleh : Widodo
Kategori: Ekonomi Rakyat - Dibaca: 885 kali

Cilacap - Sangkar ayam jago bangkok atau yang sering disebut kurungan jago bangkok sangat khas bentuknya dan sangat mudah dikenali. Kurungan ayam jago terbuat dari berbagai jenis salah satunya adalah dari bambu. Bentuknya pun sangat khas yakni lingkaran dengan ukuran besar dan kecil.

Di Kecamatan Binangun ada beberapa desa yang menjadi pusat pembuatan kurungan ayam jago bangkok diantaranya, Desa Kemojing, Karangnangka, Pesawahan, Pasuruhan. Mayoritas warga masyarakat di desa tersebut banyak yang menggantungkan perekonomian dari membuat kurungan ayam jago.

Tidak heran jika kurungan ayam jago menjadi nadi kehidupan bagi warga masyarakat Binangun. Salah satunya Ahmad Suwarno warga Dusun Condong, Desa Pesawahan. Kepada Pamor, Ahmad Suwarno menuturkan, membuat kurungan ayam jago bangkok sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

“Membuat satu kurungan jago ukuran besar sehari jadi. Untuk kurungan yang kecil dua hari bisa membuat  tiga kurungan,” ujarnya saat ditemui di rumahnya, Rabu (20 Desember 2017).

Dijelaskan Ahmad, untuk penjualan, para pembuat kurungan ayam jago setiap minggunya menyetorkan hasil pembuatan kurungan ayam jago kepada para pengepul. “Jika mendekati bulan puasa biasanya permintaan melonjak drastis. Lumayan mas, dapur bisa terus ngebul,’ pungkasnya.

Dengan harga yang cukup terjangkau kurungan ayam jago bangkok ini banyak diminati para pecinta ayam jago bangkok sehingga mereka lebih memilih untuk membeli ketimbang membuat kurungan jago. //Agus Lukito.